330846_3900367626593_787794900_o
Fullerton Hotel, Singapore.

Saat traveling memilih penginapan adalah kewajiban, hal yang sangat esensial. Penting untuk melihat bagaimana tempat kita akan menginap untuk menjamin kenyamanan di perjalanan. Memang ada beberapa kategorisasi untuk memilih hotel karena sebagai seorang pejalan, kita harus menemukan cara cerdas memilih hotel. Hal ini agar kita sendiri bisa mendapatkan hotel bagus dan tidak menguras kantong.

Untuk saya ada beberapa cara cerdas memilih hotel dan berikut saya akan berbagi beberapa diantaranya :

1. Menggunakan Situs Reservasi Hotel

Orientasi pertama pasti adalah menggunakan situs reservasi hotel, ini adalah yang saya lakukan pertama kali untuk memilih hotel. Dengan melihat pada situs reservasi, saya bisa membandingkan banyak hal seperti soal harga dengan memilih dari harga terendah ke harga tertinggi, melihat lokasi sampai review hotelnya.

Biasanya saya menggunakan Agoda sebagai acuan, situs reservasi ini menyediakan listing hotel baik dalam dan luar negeri dan terhitung yang paling banyak listing-nya. Pertama tentunya saya akan mencari harga, fasilitas, review, akses dan yang penting apakah ada diskonnya atau tidak. Apabila saya sudah mendapatkan kriteria yang saya cari untuk hotelnya maka saya akan catat, ingat saya tak pernah terpaku pada satu hotel namun membuat opsi untuk beberapa hotel.

Di situs reservasi hotel ini juga sering diadakan diskon-diskon hotel-hotel tertentu. Bahkan sering sekali publish rate di situs reservasi seperti ini lebih rendah daripada di hotelnya langsung, itulah mengapa situs reservasi seperti Agoda untuk saya dijadikan referensi pertama.

2. Mencari Lewat Review

Review-review yang berseliweran di media tentunya menjadi pertimbangan. Saya mencatat setiap review yang sekiranya perlu saya perhatikan sebagai pertimbangan. Biasanya majalah traveling memliki segmen khusus untuk review hotel, sementara jika lewat internet ada situs review atau bisa membaca dari blog-blog yang ada. Catatan dari blog saya beri perhatian lebih karena biasanya lebih memiliki sisi personal.

Mencatat review ada baiknya adalah selengkap-lengkapnya. Selain melihat sisi bagusnya perlu dilihat juga bagian mana yang kurang dari hotel tersebut. Sehingga sebelum booking tahu kelebihan dan kekurangan hotel yang akan dipilih. Saya pun biasanya setelah menginap akan turut pula membuat review supaya orang lain pun bisa membaca dan mendapat informasi hotel yang bisa dijadikan referensi untuk menginap.

DSCF0515

3. Menghubungi Hotel Secara Langsung

Terkadang juga saya menghubungi secara langsung hotel yang saya maksud, apalagi jika sebelumnya sudah tahu reputasi hotel tersebut. Saya bisa menghubungi lewat telepon atau lewat email, bahkan pernah juga saya menghubungi dan booking lewat Facebook.

Terkadang hotel-hotel ini mudah dihubungi, terkadang ada yang susah. Enaknya adalah jika menghubungi hotel secara langsung mereka sering memberikan diskon. Hotel yang manajemennya bagus pasti akan merespon dengan cepat konsumen yang akan menginap di hotel mereka dan itu bisa menjadi catatan positif.

Kontak langsung Hotel di Istanbul. Dapat diskon pula.
Kontak langsung Hotel di Istanbul. Dapat diskon pula.

4. Corporate Rate

Beruntung instansi tempat saya bekerja sedikit punya nama, terkadang jika memang hotel yang saya tuju ada corporate rate dengan instansi saya mau tak mau saya akan menunjukkan name tag dan tentu akan mendapatkan corporate rate. Maka jika memang tempat bekerja memiliki corporate rate pada satu hotel tertentu, manfaatkan untuk mendapatkan harga khusus.

Kenapa saya bilang manfaatkan? Karena rata-rata corporate rate ini potongan harganya sadis. Saya pernah mendapatkan potongan 50 % di hotel bintang 5 di Bandung karena corporate ini, pernah juga mendapat potongan yang lumayan di hotel yang berdempetan dengan Atrium Senen.

5. Voucher Hotel

Cara berikutnya ini adalah dengan voucher hotel. Sekarang ini voucher ini banyak ditebarkan sebagai kuis di twitter atau blog. Saya pun pernah membuat kuis di blog berhadiah voucher hotel. Bagi yang ingin irit, voucher hotel dapat membantu karena dengan voucher kita bisa tidak mengeluarkan uang ataupun mendapatkan diskon.

CDLChXBWgAIP4hu.jpg large
Voucher hotel. credit @mmychan

Jika belum bisa mendapatkan lewat kuis, voucher hotel ini banyak bentuknya, di toko-toko online banyak yang menyediakan kupon diskon untuk hotel. Bahkan di forum jual-beli juga banyak yang menyediakan voucher hotel. Yang jelas dengan voucher hotel ini biasanya bisa banyak menghemat ongkos menginap.

6. Muka Tebal

Yang terakhir adalah bermuka tebal, di sini urat malu harus putus. Cara terakhir bisa berwujud menodong teman buat minta gratisan. Bisa juga satu hotel bisa digunakan beramai-ramai. Intinya adalah entah bagaimana caranya yang penting bisa seirit mungkin.

Nah itu beberapa cara cerdas memilih hotel. Sebagai seorang pejalan intinya harus tetap cerdas dalam memilih penginapan. Barangkali teman-teman ada cara lain untuk memilih hotel? Monggo share.

Tabik.

NB : Saat postingan ini baru dibuka ternyata Agoda baru saja ada campaign promo untuk merayakan 7 tahun operasi di Indonesia. Caranya adalah dengan booking lewat www.agoda.com/agoda7y lalu ketik kode promo : AGODA7Y di kotak promotion code pada saat booking, pemesanan hotel tersebut akan langsung akan didiskon 10%. Oia, promo ini hanya berlaku hingga 15 Mei 2015 untuk 10,000 pengguna voucher pertama.

CEUjaFyUgAEREUj

Follow Efenerr on WordPress.com

Warning: A non-numeric value encountered in /www/wwwroot/efenerr.com/www/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 997

22 KOMENTAR

  1. agoda menggiurkan mas, tapi kudu make kartu kridit ya ? -_-, kinda annoying

    aga seringnya make traveloka, diskonnya mirip2 agoda, tapi hotelnya ga sebanyak agoda, enaknya langsung transfer, udah dapet voucher hotel

  2. sama mas…aku jg srgnya liat agoda dulu…baru yg lain2..secara cuma agoda yg pilihannya paling banyak ;p.. emg sih kdg2 suka lebih mahal dr provider lain…tp krn aku udh percaya, jd ttp lbh milih agoda.. dulu pernah pake provider lain, dan pas sampe di hotel, kita dibilang belum terdaftar dunk…pdhl udh aku byr lunas,… ampe keringetan itu ngurusnya..kita hrs hubungin call centre penyedianya -__- Kapok deh..

    • So far memang Agoda yang trusted kak Fanny. Database mereka lengkap dan ada review-nya juga. 🙂 Masalahnya kan hotel ya kak, kebutuhan esensial di mana kita butuh istirahat setelah perjalanan jauh. Jadi memang butuh yang bisa make sure.

  3. Aku jarang sih nginep di hostel atau hotel.. Kalok traveling biasanya agak lamaan, trus cariknya kost-kostan.. Wkwkwk.. 😛 Tapi sempat kelabakan sih waktu carik hotel budget.. 😀

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here