IMG_9404“Gimana sih budget dan itinerary ke Turki kemarin?” Itu adalah pertanyaan tersering yang ditujukan kepada saya. Mau tak mau saya pun mencoba menjawab beberapa pertanyaan tentang budget dan itinerary ke Turki tadi. Nah, rupanya banyak teman-teman yang juga tertarik untuk ke Turki, untuk lebih memudahkan teman-teman yang bertanya soal budget dan itinerary ke Turki berikut saya rangkumkan hasil jalan-jalan ke Turki.

Sebenarnya ketika melakukan perjalanan bulan madu bersama istri ke Turki tersebut bisa dibilang persiapannya sangat singkat. Tiket dibeli saat H – 2 keberangkatan dan mengurus visanya pun di hari yang sama. Dalam batin saya untuk budget dan itinerary bisa menyesuaikan di perjalanan.

Perjalanan saya total 7 hari, walaupun hari pertama saya tiba di Turki sudah jam 11 malam dan hari pulangnya dari Turki jam 12 siang, jika dihitung waktu bersih di Turki saya hanya punya waktu jalan-jalan selama 5 hari saja. Dan saya membaginya demikian 2 hari di Istanbul dan 3 hari keliling Turki.

Untuk uang saku selama perjalanan kami berdua membawa uang tunai sisa hasil perjalanan sebelumnya dalam bentuk Dollar dan Ringgit. Ketika di Turki, semuanya dikonversi ke Euro dan Lira. Sisanya saya menggunakan ATM tanpa perlu tukar menukar uang di Money Changer. Untungnya di Turki sampai di kota-kota kecil pun ATM tersebar dan banyak ditemui, jadi saya tidak perlu khawatir soal uang untuk perjalanan.

Rute

Saya memulai perjalanan dari Istanbul dan berakhir juga di Istanbul. Karena waktu hanya 5 hari saya terpaksa mengeliminasi Capadoccia dengan harapan semoga masih ada kesempatan untuk bertandang ke sana. Perjalanan menggunakan moda bis untuk menghemat biaya, ini berarti ada beberapa malam yang membuat kami berdua tidur di dalam bis selama di perjalanan.

Rute saya adalah sebagai berikut : Istanbul – Selcuk – Denizli – Istanbul dengan rincian di Istanbul 2 hari, di Selcuk 2 hari mengunjungi Efesus dan Sirince serta di Denizli 1 hari, mengunjungi Pamukkale dan Hierapolis. Untuk kami berdua rute ini adalah yang paling feasible dan mudah dijangkau mengingat persiapan yang begitu singkat.

map turki
Rute Perjalanan

Perlu diingat bahwa Turki di sisi Asia itu sangat luas dengan rentang jarak antar kota yang cukup jauh dan waktu tempuh yang lama. Sehingga perlu perencanaan waktu yang detail untuk mengakomodasi hal tersebut sehingga tidak terlewat untuk menjelajah dari satu kota ke kota lainnya.

Sehingga selain perencanaan waktu mungkin juga diperhatikan waktu istirahat dan barang bawaan yang dibawa karena akan berpindah-pindah. Walaupun berpindah-pindah namun akses relatif nyaman, jalan mulus dan bis yang ditumpangi pun sangat nyaman.

ggggBudgeting

Berhubung dalam rangka bulan madu, budgeting ke Turki kami buat fleksibel. Istri-lah yang bertugas mengelola segala jenis pengeluaran selama di Turki, sementara saya yang melakukan booking-booking tiket, membuat itinerary sampai memilih hotel dan tempat tujuanΒ ntuk bulan madu kali ini kami tidak bergaya backpacking, kenyamanan menjadi prioritas. Walaupun begitu kami berdua mencoba mencari item-item termurah yang mungkin bisa kami dapatkan selama di perjalanan. Karena untuk istri ini perjalanan jauh yang pertama kali, saya juga ingin ia tidak terlalu mengalami kesulitan di perjalanan. Toh ini juga bulan madu sehingga kami berdua prefer sesuatu yang sedikit lebih nyaman.

Karena budgeting tergantung gaya perjalanan maka di perencanaan budgeting ini ada yang murah sekali, namun ada juga yang mahal sekali, kira-kira seperti ini budgeting kami berdua selama di Turki.

Budget yang saya buat di catatan ini adalah total budget untuk satu orang, karena kami berdua maka total jumlah di budget ini dikalikam dua. Namun ada beberapa item yang memang budget untuk berdua, keterangannya saya tuliskan. Misalkan taksi, itu sudah untuk berdua dan penginapan di Selcuk dan Denizli itu untuk 2 orang, sementara di Istanbul untuk satu orang budgetingnya.

itinerary turki

Sebenarnya untuk biaya hidup di Turki tidak berbeda jauh dengan Jakarta seperti makan dan penginapan, namun untuk transportasi secara umum memang lebih mahal daripada Jakarta. Nah tentunya untuk budgeting bisa jauh lebih murah daripada versi saya karena menghemat lebih banyak biaya dibandingkan dengan yang kami berdua rencanakan.

Karena Turki memiliki 2 mata uang yang digunakan Lira dan Euro maka perlu juga mencadangkan dua mata uang tersebut. Namun transaksi di Turki secara umum lebih murah menggunakan Lira. Untuk penginapan, jika di Istanbul rata-rata lebih suka memerima Euro. Kebalikannya, di daerah-daerah lebih memilih menerima pembayaran dalam bentuk Lira.

Makanan

Makanan dalam budgeting kami adalah variabel cost bukan fixed cost. Kami berprinsip bahwa untuk budget untuk kuliner bisa tidak terbatas dan tidak tetap. Hal ini karena menurut kami, makanan atau kuliner adalah signature dari suatu daerah, sehingga sebisa mungkin kami mencoba kuliner-kuliner dari berbagai daerah, itulah mengapa biaya untuk kuliner tidak saya masukkan dalam rancangan budget dan itinerary ke Turki.

hjlNamun untuk gambaran biaya kuliner atau makan di Turki sebenarnya biaya sekali makan mungkin sama dengan biaya di Jakarta atau kota-kota besar lainnya di Indonesia. Di Turki, harga makanan di Istanbul lebih mahal daripada di kota-kota lainnya, bahkan di Istanbul sendiri pun berbeda antara sisi Asia dan Eropa harga makanannya.

Harga makanan di Istanbul paling mahal di area wisata populer seperti di Sultanahmet atau Grand Bazaar, namun apabila bepergian ke sisi Asia harga makanannya bisa jadi setengah dari sisi Eropa Istanbul. Intinya adalah selektif saat memilih makanan.

Kemudian untuk range makanan adalah sebagai berikut, Simit (roti Turki) jika di Istanbul rata-rata seharga 2-4 Lira, namun jika di kota kecil seperti Selcuk hanya seharga 1-2 Lira. Doner Portion di Istanbul seharga 12-15 Lira, namun di Selcuk seharga 6-7 Lira per porsinya. Harga secangkir kopi antara 2-3 Lira, sepertinya jika harga kopi ini seragam harganya. Kemudian jika menginap di Hostel/Pension di Turki, gratis sarapan yang biasanya berisi buah-buahan seperti Jeruk, Delima, Tomat, Kentang dan Butter.

Merencakan Budgeting

Sebenarnya karena waktu mepet saya tidak terlalu membuat detail itinerary saat ke Turki. Namun ternyata setelah di hari terakhir kami berdua melakukan penghitungan ulang atas biaya yang dikeluarkan selama di Turki rupanya kami berdua sedikit boros dan sebenarnya bisa melakukan beberapa penghematan.

Mungkin dalam rancangan budget dan itinerary ke Turki yang saya buat di atas ada beberapa yang miss karena memang saya kurang detail mencatat pengeluaran-pengeluaran saya. Namun secara umum, itulah gambaran yang kami keluarkan selama bulan madu ke Turki. Jika ditotal, termasuk memasukkan biaya makanan dan oleh-oleh yang segambreng uang saku saya dan istri masih ada sisa sekitar 200 Lira dan memang kami terbiasa melebihkan budget sebagai cadangan.

Demikian budget dan itinerary ke Turki versi bulan madu kami berdua, mungkin apabila ada pertanyaan soal budget dan itinerary ke Turki bisa menyampaikan langsung di kolom komentar, email saya ke mail@efenerr.com atau senggol saya di Twitter, Facebook dan Google +.

Tabik.

Versi Microsoft Excel Budget dan Itinerary ke Turki

PS : Kurs saat ke Turki di Oktober 2014, 1 Ringgit = 3.900-an Rupiah, 1 Lira = 5.400-an Rupiah dan 1 Euro = 15.000-an Rupiah

Follow Efenerr on WordPress.com

Warning: A non-numeric value encountered in /www/wwwroot/efenerr.com/www/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 997

72 KOMENTAR

  1. Kalo ditotal biaya sehari-harinya gak begitu mahal ya, Mas.. 3 jutaan udah mencakup transportasi dan akomodasi. Tp yg bikin sesek napas pas liat harga tiketnya itu.. haha..

    • Hai Mbak Melia.
      Betul mbak, untuk living cost memang tidak terlalu mahal. Tapi kalau di ongkos ke sana memang mahal, itu juga karena saya beli H-2 sebelum keberangkatan. Kalau jauh-jauh hari sepertinya sering ada promo ke Turki Mbak Melia.

    • Halo mas. Betul mas, Alhamdulillah lancar.
      Untuk 3 hari perjalanan jauhnya hanya dari Istanbul – Selcuk (semalam) dan Denizli – Istanbul (semalam).
      Sementara yang Selcuk – Denizli dekat mas, hanya 2-3 jam berkereta.

  2. Hi ef. Wah sangat membantu sekali review nya.
    Mungkin kalo ada waktu bisa diposting lebih detail itinerary nya πŸ™‚
    Kebetulan saya dan 2 org teman akan ke turki oktober 2015 nanti. Dapet promo dr qatar πŸ™‚
    Masih sedikit blog yg mengulas perjalanan ke turki.
    Anyway thanks Ef πŸ™‚

    • Pagi Winda! πŸ™‚ salam kenal ya.
      Baik, akan saya coba lebih detail.
      Namun jika ingin lebih detail lagi bisa WA saya atau email saya, barangkali ada yang ingin ditanyakan?

    • Assalamualaikum .. sore mas Ef..
      btw.. seru juga perjalannya,, murah banged,, tadi saya itung2… hehe..
      bolh mnt kontaknya.. brg kali bisa membantu.. cuzz,, saya jg tertarik k turki.. πŸ™‚
      selain itu jg.. apakah pesawat dan lainnya aman slm transportasi..? thanks
      oiya,, satu lagi,, evisa,,, ini gmn y ?? nyambi itu, tk cari di google jg.. πŸ™‚

      Sore Mbak Winda… waahh.. selamat Mbak… bisa k turki oktober 2015… btw.. beli tiketnya kapan itu mbak ??? maskapai apa ?? how much ??? bisa di share jg….

      trims,,
      Salam Travelling πŸ™‚

  3. Enaknyaaaa sampe ke pamukkale segalaaa ^o^..Aku cuma istanbul doang kesna…Tapi memang hrs didatangin lg mas… aku nyeselnya ga nyobain Hamam pas kesna…di Yerebatan Caddesi itu… pdhl udh sempet dtg -__-

  4. assalamualaikum
    menarik sekali, he bulat sy mw kena.
    boleh minta email nya ga mas? sy mw tanya2 detail utk trip ke turki..

    btw, ada pengalaman ke hongkong kah? klp ada boleh dong di share πŸ™‚

  5. hallo mas, permisi nih,
    di bacaannya ktanya biaya hotel di istanbul asia lebih murah?
    terus mas nginep nya di istanbul mna?

  6. Halo semuaa (Mas Ef dan follower blog nya Mas Ef).

    Saya dan 2 orang teman saya mau ke Turki tanggal 11 Oktober – 18 Oktober.
    Barangkali ada mau join? Lagi nyari #TemanJalan nih hehe..

    Maaf numpang promo hehe, makasihh πŸ™‚

  7. mas keren, kita ksana harus tukar mata uang rupiah di indonesia atau disana ada money changer ga mas. lebih mahal mana kita tukar di indo atau di turkey??

      • Hai mas, nama saya icha. Kebetulan saya mau ke istanbul 30 Juni nanti. Mau nanya untuk soal atm, jadi bisa ya pake atm lokal spt Mandiri/BCA/dsb gitu? Jadi uang yg kita simpen di atm pas diambil di sana bisa dalam bentuk euro/lira? Makasih banget infonya mas πŸ™‚

        • Bisa banget!

          Saya pake ATM Mandiri dan BRI. Nanti lihat di ATM nya ada logo Visa atau Mastercardnya atau Cirrus ndak.

          Keluar langsung Lira, rate mengikuti kurs hari itu.

  8. Aku jg minat nih liburan ke Turki. Kalo ada temen yg bisa bareng (biar rame) bisa dong invite pin BB sy 54F6FAA6 atau sms sy di 081235400137. Fast response ya supaya sama2 buruan cari tiketnya dan ngurus visanya πŸ™‚

  9. Paket Promo Musim Dingin di Turki 2015

    Trip I: 13 NOV – 25 NOV 2015 (Etihad Airways)
    Istanbul, Bursa, Pamukkale & Cappadocia 11 hari 10 malam USD 1,550

    Trip II: 24 NOV – 06 DEC 2015 (Turkish Airlines)
    Istanbul, Bursa, Pamukkale & Cappadocia 11 hari 10 malam USD 1,650

    Harga termasuk:
    – Visa Turki
    – Tiket pesawat pp
    – Akomodasi dan sarapan
    – Transportasi
    – Tiket masuk objek wisata
    – Tour guide
    – Dokumentasi foto dan video.

    Harga tidak termasuk:
    – Makan siang dan malam
    – Pengeluaran pribadi, laundry, telp, dll

    ISTANBUL ASIA- EROPA: (Bekdas Hotel ****)
    1. Sultanahmet Camii (Blue Mosque)
    2. Hagia Shopia
    3. Topkapi Palace
    4. The Basilica Cistern (Yerebatan Sarnici)
    5. Panorama 1453 History Museum
    6. Yeni Camii
    7. Istiklal Street
    8. Dolmabahce Palace
    9. Maqom Sultan Mahmed Al Fatih
    10. Maqom Sayyidina Ayyub. R.A
    11. Hippodrome Square
    12. Miniature Park
    13. Bosphorus Cruise
    14. Grand Bazaar

    BURSA:
    1. The Great Mosque (Ulu Camii)
    2. Uludag National Park (Ski & Snowboard)

    PAMUKKALE: (Kale Hotel)
    1. Travertines
    2. Hierapolis Complex
    3. Roman Theater

    CAPPADOCIA: (Travellers Cave Pansion)
    1. Derinkuyu Underground City
    2. Ihlara Valley
    3. Belisirma and Lunch
    4. Pigeon Valley
    5. Selime Monastry
    6. Goreme Esentepe

    Catatan:
    – Terakhir pendaftaran 1 minggu sebelum keberangkatan
    – Minimal 10 pax dan Maksimal 20 pax setiap trip

    Silahkan kontak kami untuk info lebih lanjut
    BBM: 7e343cb2 | WA: +201095712413
    http://www.facebook.com/teratoursandtravel

  10. Ada yg mau trip keturki maret 2016??
    Mas ef ntar sya tnya2 sma mas ttg trip turkinya ya,spertinya ga hrus ngluarin kocek 30an jeti deh hehe
    Thnks ini sangat membantu

  11. Aku juga lagi ada rencana mau liburan ke Turki. Mas, itu seriusan punya uang 12jt an bisa ke Turki? Terimakasih jawabannya πŸ™‚

  12. Nice blog. Found it.Hehehe
    Mau nanya dong y..
    Brrti kalo pun gabawa uang tunai cukup atm sja bisa ditarik disana ya? Asal berlogo visa dan mastercard y bang..
    Diimigrasi gaditunjukkin kan kita punya uang cash? πŸ˜€

  13. Kak, kalo mau bikin e-visa tapi ga punya credit card, itu pembayarannya gmn ya?
    Mohon bantuannya ya kak, ada kontak yg bisa di hubungi ga? Ak mau sharing krna bulan depan brgkt ke turki tp blm pernah kesana sm skali. A lil bit worry huhu

  14. Makasih infonya mas, kebetulan ada ‘angan-angan’ tahun depan mau ke Turki, semoga tahun depan bisa berangkat.
    Ada tips nggak mas untuk cari tiket penerbangan ke Turki yang murah (selain pesan dari jauh-jauh hari) ?

  15. HALLO MAS… SALAM KENAL YA… SUKA BACA BLOG NYA..KAYANYA SAYA MAU IKUTIN ITIN NYA NIH BEDANYA SAYA CUMA BERMALAM DI SELCUK & DIPAMUKELE SEHARIAN AJA.. BOLEH TANYA DIKIT GAK..
    SAYA NGINAP DI SELCUK PAGI2 KE PAMUKELE.
    BIS DARI SELCUK KE PAMUKELE STASIUN BISNYA DIMANA YA?
    BIS DARI PAMUKELE KE ISTAMBUL JUGA STASIUNNYA DIMANA?
    DARI PAMUKELE KE ISTAMBULNYA SEBAIKNYA TURUN DIMANA KLO SAYA NGINEP DI HOTEL DEKAT BANDARA.. DENGAN PERTIMBANGAN PULANG FLIGHT PAGI BIAR GAK REPOT.
    MAKASIH YA…

  16. Assalamualaikum, kereen banget kisahnya mas, insha Allah sy akan ke Istanbul dan sekitarnya Juni-September 2017 rencananya sebulan biar puaaas dan rencana pgn tinggal di turkey tahun2 berikutnya…dan rencananya akan menulis buku series about Turkey dan keindahan serta keromantisannya… πŸ™‚

    tq so much artikelnya mas Ef

    Ini WA sy mhn di add ya krn mau ada yg d tnyakan : 0859 7301 7059

  17. Halo mas Farchan,

    mau nanya nih, kalo tiket murahnya kira kira dapetnya via apa ya Mas?
    saya coba cek terus untuk bulan agustus 2017 tapi keluarnya di atas 10jt semua PP dari KUL.
    mohon pencerahannya ya Mas hehe πŸ™‚

  18. Assalamualikum mas mau nanya boleh tau estimasi waktunya ga mas ? Dri jakarta ke turki berapa jam dan dri kota ke kota diturki mau rancang schdule karena liburan yg mepet waktunya hehe ..makasih mas

  19. Assalam . . . . . salam Kenal Bang Farchan / Efener dan juga teman teman semua, Mohon Ma’af sebelum nya, rencana nya Tahun 2018, Bulan . . . . . ? saya kepengen Wisata ke TURKI, tapi kalau bisa dengan Tiket Promo yang murah dan juga kalau bisa ada teman atau barengan nya. Apakah teman teman ada rencana mau Wisata ke Turki Tahun 2018 ? kalau ada boleh dong saya gabung atau bareng-bareng berangkat nya, sembari lihat lihat Tiket Promo, salam kenal ya semua nya, dari saya, Bapak CUT FADHLAN, Bintaro, Tangerang selatan

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here