IMG_3290

 

Siapa sih yang tidak suka Indomie? Bisa dibilang ini adalah mie instan terpopuler se-Nusantara, bahkan menembus batas-batas negara dan makin mendunia. Dan siapa pula yang tidak punya kisah dengan Indomie? Semua pasti memiliki kisah dengan Indomie. Dan melewati kodratnya sebagai Mie Instan, Indomie sudah memiliki tempat di hati para konsumennya sebagai mie yang tak pernah berhianat soal rasa.

Semasa kuliah, Indomie adalah survival kit yang harus ada sejak tengah bulan sampai akhir. Saat kiriman orang tua makin menipis dan perut sudah melilit. Sebungkus indomie dan air panas dari dispenser adalah penyelamat gawat darurat dari kelaparan.

Selepas kuliah, Indomie adalah barang bawaan wajib saat traveling, apalagi saat ke luar negeri. Apalagi saat rasa kangen negeri sendiri sudah melanda, maka merebus Indomie adalah pengobat kangen sesaat. Selain itu ya demi pengiritan, membawa Indomie barang satu dua bungkus dalam backpack mungkin bisa memperpanjang nafas uang di dompet untuk beberapa hari ke depan.

Omong-omong soal Indomie, beberapa hari lalu saya mendapat kiriman satu boks Indomie yang rupanya adalah varian baru. Saya mendapatkan 2 rasa yaitu Laksa a la Singapore dan Tom Yum a la Thailand. Sementara masih ada 1 lagi varian rasa yaitu Bulgogi Korea. Rupanya Indomie berusaha menambah varian rasa dengan membawa cita rasa internasional ke Indonesia.

Karena penasaran, akhirnya saya mencoba membuat racikan Indomie Rasa Baru ini sendiri, tentunya dengan variasi versi saya sendiri. Indomie versi saya menyesuaikan bahan-bahan yang ada di kulkas saya dan modifikasi secukupnya :

Indomie Kuah Tom Yum A la Thailand

IMG_3293

Indomie pertama yang saya buka adalah Indomie Tom Yum, dalam bungkusnya selain mie juga disertakan bumbu dan toppingnya seperti bakso kering, jamur kering dan sayur-sayuran kering. Sebenarnya saya ingin mencoba membuatnya sepersis mungkin dengan tambahan udang atau bahan-bahan laut lainnya, tapi saya mendapatkan kesulitan untuk mendapatkan bahan-bahannya di Garut.

Akhirnya saya cek kulkas, rupanya masih ada sepotong ati – ampela dan telor. Saya kemudian berinisiatif membuat Ati Ampela bumbu kecap yang lumayan gampang dibuat. Dan membuat telor mata sapi dicampur sedikit garam. Setelah 2 bahan pelengkap tadi selesai saya buat, kemudian saya membuat Indomie-nya.  Modifikasi Indomie Tom Yum versi saya tentunya menyesuaikan bahan-bahan yang saya punya, mungkin akan lebih nikmat jika dicampur dengan bahan-bahan makanan laut seperti udang dan cumi seperti versi Tom Yum aslinya.

Campuran Indomie Tom Yum, irisan ati ampela bumbu kecap dan telur mata sapi klop di lidah saya. Bumbu Tom Yum nya seimbang antara rasa pedas dan asam, cukup mendekati rasa Tom Yum yang sebenarnya. Rasa tadi kemudian bertaut dengan manisnya ati ampela bumbu kecap dan asinnya telor mata sapi. Bagi saya paduan tadi cukup membuat lidah saya keenakan.

IMG_3295

Bahan-bahan : 

1 Indomie Tom Yum

1 Ati Ampela

1 Telur Ayam

Sawi secukupnya

Cara Membuat :

1. Tumis Ati Ampela Bumbu Kecap, sesuaikan kadar kemanisannya dengan selera masing-masing. Untuk resep dan cara membuat Ati Ampela Bumbu Kecap bisa dilihat disini. Begitu selesai dinginkan sebentar.

2. Goreng telur mata sapi, taburi sedikit garam pada saat menggoreng.

3. Rebus Indomie dengan kuah secukupnya sampai matang. Masukkan sekaligus sawi ke dalam rebusan mie. Sembari menunggu mie selesai direbus, bisa disambi dengan mengiris ati ampela.

4. Angkat Indomie kemudian buang air rebusannya. Kemudian tuang Indomie ke dalam mangkok dan beri air panas secukupnya, campur dengan bumbunya.

5. Taburi dengan topping bawaan dari Indomie, irisan ati ampela bumbu kecap dan telur mata sapi. Sebelum saya santap, saya menambahnya dengan sedikit kecap manis. Dan Indomie Tom Yum + Ati Ampela Bumbu Kecap dan Telur Mata Sapi siap disantap.

Indomie Kuah Laksa A la Singapura

IMG_3309

Hari berikutnya saya mencoba Indomie bumbu Laksa a la Singapura. Karena Laksa adalah makanan yang cukup berat karena aslinya adalah menggunakan bumbu kari maka saya mencoba berpikir apa pelengkap yang cocok untuk Indomie Laksa ini. Pelengkapnya haruslah sesuatu yang ringan dan tidak menambah berat rasa masakan karena itu justru akan membuat perut eneg dan gebah.

Akhirnya karena di kulkas masih ada beberapa potong dada ayam dan telur akhirnya saya mencoba membuat pelengkap Indomie Laksa dengan suwiran ayam goreng dan telur rebus. Dari Indomie nya sendiri sudah disertakan topping berupa bakso udang, tahu, dan sayur-sayuran an kering.

Aslinya Laksa ini memiliki campuran kuah kari yang bersantan dengan campuran macam-macam tergantung restoran yang menyajikan. Biasanya rasanya pedas-pedas manis santan. Nah ketika saya mencoba meracik sendiri Indomie Laksa versi saya, hasilnya adalah aroma khas Laksa namun dengan kuah yang lebih ringan, tidak seberat kuah santan pada Laksa versi aslinya. Cocok di lidah dan tidak terlalu eneg di perut.

IMG_3317

Bahan-bahan : 

1 Indomie Laksa A la Singapura

1 Telur ayam

1 Dada ayam

Sawi secukupnya

Cara Membuat :

1. Goreng ayam sampai kering, versi saya saya membuat ayam goreng dengan bumbu bawang dan garam. Cara membuatnya bisa ditengok disini. Setelah kering dan matang lalu diamkan sebentar.

2. Rebus Indomie, sawi dan ceburkan telur dalam 1 panci. Tunggu sampai matang.

3. Suwir-suwirlah ayam goreng tadi. Potongan dada ayam jika disuwir cukup mudah dan seratnya cukup lembut.

4.  Angkat Indomie kemudian buang air rebusannya. Kemudian tuang Indomie ke dalam mangkok dan beri air panas secukupnya, campur dengan bumbunya.

5. Taburkan topping bawaan Indomie Laksa dan tuangkan suwiran ayam goreng bumbu bawang tadi kemudian beri sedikit kecap manis untuk pelengkap. Indomie Laksa A la Singapura siap disantap.

Nah itu tadi 2 Indomie Rasa Baru versi saya, mungkin lain kali saya akan mencoba memodifikasi dengan bentuk yang lain atau mendekati Tom Yum dan Laksa yang sebenarnya. Overall 2 rasa baru Indomie tadi cocok di lidah saya, untuk yang ingin merasakannya sekarang sudah bisa didapatkan di supermarket-supermarket terdekat.

Tabik.

Indomie adalah produk mie instan dari Indofood Sukses Makmur. Tbk.

Follow Efenerr on WordPress.com

Warning: A non-numeric value encountered in /www/wwwroot/efenerr.com/www/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 997

13 KOMENTAR

  1. bacanya sampe ngilerr…duuh kebayang segernya tom yum…harus segera di cari nih..barang bagus…pas banget buat anak kost kayak.saya..nice inpo..

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here